28 Januari 2012


YUBIAMI




Yubiami berasal dari bahasa Jepang yaitu : yubi dan amu.
Yubi berati tangan dan amu berati anyaman.
Jadi yubiami adalah seni merajut benang dengan jari tangan.
Hanya dengan menggunakan benang dan jari tangan kita bisa menghasilkan kreasi rajutan yang menawan, mis : topi, syal, tas, boneka, dll.

Peralatan dan bahan :
1. Jarum penyambung
    Fungsinya untuk menyambung rantai yubiami.
2. Pita pengukur
     Fungsinya untuk mengukur rantai yang akan digunakan untuk membuat kreasi yubiami.
3. Gunting
4. Berbagai macam benang beraneka warna :
     a. Benang bulky
     b. Benang chenille
     c. Benang akrilik
     d. Benang furn yarn dan hairy yarn
      e. Benang twist.

Sebelumnya kita harus belajar beberapa tehnik dasar yang harus dikuasai sebelum mulai merajut dengan jari yaitu :
- tehnik membuat rantai yubiami
- tehnik membuat boneka
- tehnik membuat bunga untuk hiasan kreasi rajut
- tehnik menyambung rantai yubiami
- cara membuat pom-pom

Saya tertarik dengan yubiami ketika melihat acara tv sepertinya mudah, makanya saya mencari terus lewat internet tapi belum ketemu terus cara membuat yubiami. Ahkirnya ketika saya pulang ke Cepu (pulang kampung ceritanya karena setelah menikah saya ikut suami saya tinggal di Merauke) karena akan melahirkan anak saya yang pertama
Ketika jalan2 ke toko buku saya menuju ke tempat buku2 hobi dan ketrampilan dan disitu ahkirnya saya menemukan buku tentang yubiami.Judulnya "Yubiami Merajut dengan Jari" terbitan Demedia karya Lies Heryani, dibuku tersebut ada bonus DVD nya yang berisi cara2 membuat yubiami yang terdapat dalam bukunya.

Ahkirnya saya mau mencoba membuat yubiami tapi terbentur bahannya karena ditempat saya tinggal tidak ada yang berjualan benang seperti yang saya perlukan. Saya mencari lewat internet dan dapat setelah itu memesan benangnya dan ahkirnya membuat yubiami.
Pertama kali saya belajar membuat topi untuk anak saya Samuel. Padahal pengen sekali membuat tas, tapi belum ada waktu lagi. Karena kalau kita membuat yubiami tidak bisa ditinggal2 seperti yang lainnya harus diselesaikan sampai panjang rantai yang kita inginkan. Jika tidak maka harus membuat dari awal lagi karena terlepas. Tapi saya berusaha mengunakan kertas yang saya gunting sesuai dengan pola jari tangan saya yang fungsinya sebagai ganti jari2 tangan saya kalau belum selesai membuat rantai yubiami sesuai dengan ukuran panjang yang diperlukan. Walaupan begitu lebih enak jika bisa selesai karena hasilnya akan lebih bagus lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...